BAB 1 - TEKS BERITA
SEMESTER 1 2019/2020
TEKS BERITA
4. Membuat teks berita :
TEKS BERITA
1. Pengertian Berita : informasi, warta,pengetahuan terbaru tentang suatu peristiwa/kejadian
2. Unsur berita :
a. APA : Peristiwa apa yang terjadi?
b. SIAPA : Siapa yang mengalami peristiwa itu ?
c. DI MANA : Di mana peristiwa itu terjadi ?
d. KAPAN : Kapan peristiwa itu terjadi ?
e. MENGAPA : Mengapa peristiwa itu terjadi ?
f. BAGAIMANA : Bagaimana proses terjadinya peristiwa itu ?
3. Contoh teks berita :
4. Membuat teks berita :
Minggu kemarin tepatnya tanggal 14-17 Juli 2019, OSIS menjadi panitia dalam kegiatan PLS tahun 2019. Ini adalah pengalaman saya menjadi panitia PLS jadi saya cukup senang bisa berpartisipasi dalam acara ini. Pada tanggal 14 April 2019, upacara Pra PLS diadakan. Upacara Pra PLS diadakan di lapangan upacara SMP Negeri 1 Kediri. Setelah upacara Pra PLS diadakan, para siswa baru dibawa ke lapangan basket untuk penyampaian tata tertib dan ketentuan kegiatan PLS yang akan dilaksanakan mulai besok. Selain penyampaian tata tertib, buku PLS juga dibagikan. Setelah buku PLS dibagikan, peserta diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.
Besoknya pada hari Senin, 15 Juli 2019, hari pertama PLS dilaksanakan. Hari pertama diawali dengan upacara pembukaan. Setelah upacara pembukaan dilaksanakan, peserta dipersilahkan memasuki kelas masing-masing. Setelah memasuki kelas masing-masing, para kakak pendamping masing-masing kelas memandu para murid baru menuju aula untuk melaksanakan serangkaian acara. Ketika acara PLS, saya menjadi kakak pembimbing kelas 7K. Setelah acara hari pertama selesai, para murid baru dipersilahkan pulang.
Hari Selasa tanggal 16 Juli 2019 merupakan hari yang cukup menyenangkan bagi saya. Pada hari Selasa diadakan dinamika regu, yaitu games untuk para peserta PLS. Saya merasa senang bisa memandu para peserta pls erta PLS untuk mengikuti games. Saya menjadi panitia game Estafet Ping Pong ketika acara dinamika regu. Setelah dinamika regu, para murid baru dipersilahkan untuk ganti baju dan menuju ke aula untuk melaksanakan sosialisasi. Setelah sosialisasi, terdapat waktu kosong sehingga saya dan kakak pembina yang lain pun mengajak adik-adik kelas 7K untuk memikirkan pentas seni yang akan dilaksanakan hari Rabu. Akhirnya kami bersepakat untuk melaksanakan latihan pulang sekolah di Hutan Joyoboyo. Setelah pulang sekolah, saya menyusul adik-adik ke Hutan Joyoboyo dan melatih mereka. Namun karena waktu saya yang terbatas saya terpaksa pulang duluan.
Hari PLS ketiga atau hari terakhir dilaksanakan hari Rabu tanggal, 17 Juli 2019. Hari itu dilaksanakan kegiatan PBB dan pentas seni. Setelah PBB, saya pun mengajak adik-adik saya untuk berlatih pentas seni saat istirahat meskipun waktu sudah tidak memungkinkan. Namun akhirnya meskipun latihan tidak maksimal, adik-adik binaan saya bisa melaksanakan pentas seni dengan baik. PLS ditutup dengan upacara penutupan di lapangan basket. Saat upacara penutupan, pemenang pensi pun juga diumumkan, dan sayangnya 7K (kelas binaan saya) tidak memenangkan pensi. Akhirnya sebelum pulang saya dan adik-adik binaan saya berfoto bersama. Saya sangat senang bisa mendapatkan sebuah pengalaman berharga selama 4 hari. Semoga tahun depan saya bisa mengulagi pengalaman ini lagi.
5. Menganalisis unsur-unsur berita
Apa - Kegiatan PLS tahun 2019
Siapa - OSIS sebagai pantia PLS
Di mana - Di SMP Negeri 1 Kediri
Kapan - Senin-Rabu, 15-17 Juli 2019
Mengapa - Untuk mendampingi siswa-siswa baru selama masa PLS
Bagaimana - PLS berjalan dengan lancar dan menyenangkan
6. Mendiskusikan teks berita
5. Menganalisis unsur-unsur berita
Apa - Kegiatan PLS tahun 2019
Siapa - OSIS sebagai pantia PLS
Di mana - Di SMP Negeri 1 Kediri
Kapan - Senin-Rabu, 15-17 Juli 2019
Mengapa - Untuk mendampingi siswa-siswa baru selama masa PLS
Bagaimana - PLS berjalan dengan lancar dan menyenangkan
6. Mendiskusikan teks berita
9. Meringkas teks berita
Pada hari Rabu, 23 April 2015 soal UN untuk SMP diduga telah bocor. Menurut menteri pendidikan, pihak pelaku pembocoran soal UN SMP telah diselediki dan pelaku akan diproses secara hukum. PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud menemukan fakta mencengangkan bahwa sebanyak 30 buklet dari total 11.730 soal UN SMP telah diunggah secara ilegal ke internet.
Pihak kemendikbud bekerja sama dengan kominfo dan Google untuk segera memblokir tautan di internet yang berisi konten ilegal tersebut. Oleh karena itu, pihak kemendikbud bersama pihak percetakan mulai melakukan investigasi untuk menemukan dalang di balik kebocoran soal UN. Peristiwa ini menimbulkan wacana baru yaitu apakah UN SMP harus diulang? Kemungkinan besar ujian nasional tidak akan diulang. Salah satu faktornya adalah besarnya anggaran dana yang dibutuhkan untuk pembuatan soal.
10. Pentingnya berita
Pada hari Rabu, 23 April 2015 soal UN untuk SMP diduga telah bocor. Menurut menteri pendidikan, pihak pelaku pembocoran soal UN SMP telah diselediki dan pelaku akan diproses secara hukum. PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud menemukan fakta mencengangkan bahwa sebanyak 30 buklet dari total 11.730 soal UN SMP telah diunggah secara ilegal ke internet.
Pihak kemendikbud bekerja sama dengan kominfo dan Google untuk segera memblokir tautan di internet yang berisi konten ilegal tersebut. Oleh karena itu, pihak kemendikbud bersama pihak percetakan mulai melakukan investigasi untuk menemukan dalang di balik kebocoran soal UN. Peristiwa ini menimbulkan wacana baru yaitu apakah UN SMP harus diulang? Kemungkinan besar ujian nasional tidak akan diulang. Salah satu faktornya adalah besarnya anggaran dana yang dibutuhkan untuk pembuatan soal.
10. Pentingnya berita
Bagi siswa berita berguna untuk sumber informasi dan pengetahuan
11. Tanggapan terhadap suatu berita
Video yg sudah ditayangkan membahas masalah pemadaman listrik, yang mengakibatkan banyak pihak mengalami kerugian. Untuk itu sebaiknya kita harus bijak dalam pemakaian listrik yaitu :
a) Tidak boros
b) mematikan peralatan listrik yg tidak digunakan
c) memakai peralatan listrik yg hemat energi
12. Penyuntingan Berita
Kalau masih ditemukan beberapa kekeliruan dari berita yang kamu buat
itu wajar. Masih ada satu tahap lagi yang harus kamu lalui sebelum berita itu
dipublikasikan, yakni penyuntingan. Aspek-aspek yang harus diperhatikan di
dalam tahap ini sebagai berikut.
a Kebenaran isi berita, yang ditunjang oleh keakuratan fakta-faktanya.
b. Kelengkapan isi berita, yang ditandai oleh hadirnya komponen-
komponen berita yang terangkum dalam rumus ADIKSIMBA.
c. Struktur penyusunan berita, yang dimulai dari bagian yang penting ke
bagian yang kurang penting.
d. Penggunaan bahasa, yang terkait dengan keefektifan kalimat, kebakuan
kata, dan ketepatan ejaan dan tanda bacanya.
Apabila berita itu disertai gambar atau ilustrasi, perlu diperhatikaon pula
kesuaian gambar dengan isi berita di samping keartistikannya.
Perhatikanlah teks berikut!
Sebanyak 16 Unit Damkar Padamkan Api yang Bakar Dua Rumah
di Cipete Utara
Dua rumah di Cipete Utara, Jakarta Selatan, terbakar. Kebakaran ini sempat
membuat lalu lintas di sekitar lokasi menjadi macet.
Dua rumah yang terbakar tersebut berlokasi di kawasan perkampungan Jalan
Haji Jian, Cilandak Utara, Jakarta Selatan.
"Itu lokasinya masuk perkampungan. Jadi, masuk Jalan Fatmawati Raya,
kemudian masuk Jalan Cipete, dan masuk Jalan Haji Jian," kata petugas Pemadam
Kebakaran Sudin Jakarta Selatan, Dendi.
Enam belas unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Mobil-
mobil itu menyebar dan berusaha menjangkau lokasi kebakaran dari segala
penjuru mata angin, mencari jalan tercepat. Akibatnya, macet tak terelakkan. "Macet. Dari utara, barat, timur, kita kerahkan supaya mana yang lebih dulu
sampai langsung bisa menangani. Jadinya macet di Cipete, di Pos Fatmawati, dan
sekitarnya," tutur Dendi.
Dendi menyatakan dua rumah yang terbakar itu berhasil dipadamkan dan
sekarang sedang dilakukan pendinginan. Beruntung tak ada korban jiwa dari
kebakaran ini. Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan oleh petugas.
Dalam teks itu terdapat beberapa bagian yang perlu diperbaiki.
a. Berdasarkan kelengkapannya, dalam berita tersebut terdapat bagian yang
hilang. Di dalamnya tidak dijelaskan waktu terjadinya kebakaran. Dengan
demikian, pertanyaan kapan tidak bisa dijawab oleh berita tersebut.
b. Ada beberapa kata yang ejaannya tidak tepat. Kata-kata yang dimaksud
adalah Cilandak Utara dan Jakarta Selatan. Kedua pasangan kata tersebut
harusnya ditulis Cilandak Utara dan Jakarta Selatan. Huruf awal dari
setiap kata itu harus menggunakan huruf kapital karena merupakan
nama tempat.
c. Penggunaan angka 16 di dalam teks tersebut tidak tepat. Harusnya huruf
yang dapat dinayatakan dengan dua kata ditulis dengan huruf, yakni
enam belas.
d. Judul berita tersebut tidak efektif. Oleh karena itu, judul tersebut harus
disederhanakan, misalnya, menjadi "Dua Rumah Terbakar di Cipete
Utara".
e. Berita tersebut juga tidak menggunakan sumber yang jelas.
13. Pengertian Meme
14. Contoh Meme
15. Pengertian Berita Hoax
16.Contoh Berita Hoax
17. Soal-Soal Teks Berita
https://tekpoin.com/2018/03/soal-bahasa-indonesia-tentang-berita.html\
http://rinamawardi.blogspot.com/2012/12/soal-pilihan-ganda-bahasa-indonesia.html?m=1
http://rinamawardi.blogspot.com/2012/12/soal-pilihan-ganda-bahasa-indonesia.html?m=1
Comments
Post a Comment